DIY Exfoliating Scrubs


Hi Piwers! Pada postingan ini, gua bakal share how to make exfoliating scrubs dengan material yang ramah lingkungan ramah waktu pencarian dan pastinya ramah dompet.

Siapa sih yang gak pengen wajah yang bright dan bebas kusam? Cewek-cewek mah pasti lah mau ya, bening, glowing, bersih mulus, oh my God impian banget kan?

Penyebab kusamnya wajah tuh banyak banget, dari yang kecil kayak debu sampai yang besar kayak doi yang gak peka-peka. Yha.
Wajah kusam disebabkan oleh kurangnya minum air putih, stres, kurang tidur, paparan sinar uv, dan lainnya yang pastinya rese banget. Nah, untuk mengatasi kulit kusam, salah satunya dengan proses exfoliating. Apasih exfoliating?

Exfoliating itu proses removal atau pengelupasan sel-sel kulit tua yang sudah mati yang terletak di bagian terluar kulit. Waduh, mahal ya kedengarannya? Iritasi gak ya?

Jangan takut! Proses exfoliating ini gak mesti ke dokter kulit kok. Kalian bisa lakuin sendiri di rumah masing-masing. Bahannya? So easy to find! Kalian bisa nemuin bahan-bahan ini di rumah, beli juga gak mahal kok! Kulit gua sensitif nih, bahaya gak ya? Hoho obviously no darling, kan bahan-bahannya alami kayak kopi, madu, etc.

So, check this out!

1. Basic Baking Soda Scrub

Kayaknya si bubuk putih ini makin jadi kecil-kecil cabe rawit nih. Dari menyegarkan udara, sampai membuat gunung api buatan pas pelajaran ipa meletus pun dia bisa. Tapi Baking Soda atau soda kue ini juga bisa jadi bahan pengelupas kulit mati di wajah. Selain lembut untuk proses exfoliating, baking soda di klaim juga dapat membantu menghilangkan jerawat.
Bahan:
  1. Baking soda
  2. Facial cleanser
  3. Air
Direction:
  1. Campurkan baking soda dengan face cleanser kalian untuk membuat exfoliating cleanser. Lo bisa juga buat pastanya denga campurin baking soda sama air.
  2. Apply dengan lembut ke wajah lo dan biarin selama 10-15 menit.
  3. Bilas dengan air sampai bersih.


2. Sugar Scrub


Gula yang bergranulasi adalah bahan alami selanjutnya yang mengelupas sel kulit mati. Dengan mencampurkan gula dengan madu yang mengandung antioksidan kuat dan antimicrobial, dan sedikit air lemon, wajah lo bakal punya face scrub yang menutrisi dan efektif banget!
Bahan:
  1. 1/2 sendok teh madu
  2. 1 sendok makan gula kasar
  3. Sari lemon segar
Direction:
  1. Campurkan madu, gula kasar, dan satu perasan sari lemon segar. Aduk dengan baik.
  2. Aplikasikan ke wajah dengan perlahan, jangan sampai gula kasar itu ngelukain wajah lo ya, cukup hati lo aja yang terluka. Yha.
  3. Biarin sebentar, trus gosok pelan-pelan, inget cukup hati lo aja yang terluka.
  4. Bilas pakai air hingga bersih, jangan pakai kenangan mantan ya.


3. Coffee Scrub

Pecinta kopi? Lo mesti tau soal ini. Ternyata selain untuk nahan rasa ngantuk saat pelajaran sejarah, kopi juga bermanfaat berkat kafeinnya. Kopi bisa meningkatkan produksi kolagen di wajah. Jadi selain stimulasiin badan lo pas pagi, kopi juga bisa menstimulasi kulit.
Bahan:
  1. 1 sendok makan kopi yang digiling
  2. 1 sendok makan air atau olive oil
Direction:
  1. Campurkan kopi dan air atau olive oil. Untuk mengurangi biaya, kalo lo atau bokap lo atau kakek lo abis minum kopi, kan ada ampasnya tuh, pakai itu aja gak masalah.
  2. Aplikasikan pada wajah setelah itu di gosok perlahan-lahan.
Kalau lo pakai olive oil, moisturizer nya dilewatin aja ya. Olive oil bakal bikin wajah lo super-moisturized.


4. Oatmeal Scrub

Awalnya gua ketawa denger nama scrub ini. Man this is oatmeal, buat dimakan yakali. Awalnya loh ya, tapi akhirnya gua tau, si makanan diet sehat ini manfaatnya banyak. Oatmeal yang digiling selain sebagai bahan exfoliant, juga menghilangkan kotoran dan kusam dipermukaan kulit. Oatmeal juga dapat menghaluskan dan meregenerasi kulit serta menghilangkan jerawat sampai kulit kering akibat sinar uv. Untuk pemilik kukit sensitif, scrub ini bisa dipakai.
Bahan:
  1. 1 sendok makan grounded oatmeal
  2. 1/4 sendok teh garam
  3. 1 sendok teh air
Direction:
  1. Campurkan oatmeal dengan garam yang akan meningkatkan proses exfoliating wajah.
  2. Tambahin air untuk membuat konsistensi pasta.
  3. Dengan perlahan gosok in circular motion ke kulit wajah lo.
  4. Biarin 5-10 menit, trus bilas deh.


Nah! Itulah face scrub yang pas banget buat lo yang lagi tanggal tua, yang lagi males, dan takut kalau pake produk dari toko. Gampangkan? Gak perlu keluar rumah lagi, cukup pakai apa yang ada, dompet juga selamat!

Jangan lupa comments dan share ya!

Tunggu postingan selanjutnya ya, bye for now Piwers!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah kayanya bisa bikin kenyang tuh. Hahaha